SEKILAS INFO
28-11-2021
  • 3 tahun yang lalu / 02 Mei 2018 Peringatan Isra Mi’Raj 2018
26
Mar 2018
0
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Pembekalan Diri

PENGERTIAN KARAKTER
Karakter dapat diartikan sebagai cara pola berpikir dan berperilaku seseorang yang merupakan mencerminkan dirinya baik secara individu maupun secara bersama sama, baik dalam lingkup keluarga, msyarakat dan bernegara. Untuk lebih singkatnya karakter merupakan pembawaaan seseorang yang didapatkan sejak kecil. Karakter sangat erat hubungannnya dengan nilai nilai agama, kejiwaan, akhlak dan budi pekerti seseorang yang membedakan terhadap yang lainnya. Sejalan dengan perkembangan jaman juga di ikuti dengan pergeseran moral sebagai karakter/ budaya negara timur, baik yang datang dari negara kita sendiri maupun budaya atau karakter yang dibawa dari negara asing. Merujuk dari hal diatas maka saya mengangkat tema artikel tentang penidikan Karakter anak usia dini sebagai pembekalan diri

 

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
Bila diperhatikan saat sekarang tingginya tingkat kriminalitas, seperti maraknya penggunaan narkoba, kekerasan banyak terjadi dimana mana, dan yang paling parah lagi rasa hormat terhadap orang semakin menurun tidak lepas dari pergaulan serta pendidikan yang ditanamkan pada dirinya di usia dini. Di usia 6 bulan sampai dengan 1 tahun pertama merupakan usia yang paling berpengaruh dalam perkembangan anak hingga tumbuh remaja. Usia 6 bulan sampai dengan satu tahun merupakan usia emas (golden age) pada usia ini sangat menentukan ketika anak tumbuh dewasa dimana bila salah dalam mendidik pada usia tersebut kemungkinan besar karakter anak tersebut juga salah begitu juga sebaliknya- artikel tentang pendidikan.

Peran dan tanggung jawab orang tua dalam pembentukan karakter anak
Orang tua dalam keluarga adalah merupakan hal yang berpengaruh dalam berhasil atau tidaknya dalam mendidik karakter anak, baik secara fsikis seperti pemenuhan kebutuhan akan makan dan mimum juga kebutuhan kasih sayang serta rasa aman dari gangguan apapun terhadap anak. Anak usia dini sangat sensitif terhadap apa yang ia lihat, karena anak lebih sering bersama orang tua tentu akan meniru apa yang dilakukan pihak orang tua. Bila orang tua dalam mendidik atau berperilaku secara keras, lembut, demokrasi, otoriter, dan lain sebagainya kemungkinan besar anak tersebut akan merekam-artikel tentang pendidikan.

 

NILAI-NILAI  YANG DITANAMKAN DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI
Dalam membangun karekter anak kita harus menanamkan nilai nilai posistive seperti:

  • Taat kepada agama/religius
  • Jujur baik dalam perkataan maupun dalam perbuatan, jangan sesekali memperlihatkan sikap curang terhadap anak karena dia akan merekam dan akan melakukan hal yang sama
  • Bertanggung jawab dalam segala hal yang ia lakukan
  • Rasa percaya diri- rasa percaya percaya diri perlu ditanamkan terhadap anak agar saat ia remaja tidak suka minder yang membuat ia tertinggal dengan sebayanya.
  • Mandiri
  • Demokratis
  • Peduli terhadap sesama.
  • Hormat dan sopan kepada orang tua serta orang lain yang lebih tua
  • Disiplin disegala hal
  • Pekerja keras dan lain sebagainya yang merupakan sikap positive.
    Sekian Artikel tentang pendidikan karakter anak usia dini sebagai pembekalan diri semoga bermanfaat.

Sumber: https://www.cekkembali.com/

Pengumuman Terbaru

Penerimaan Santri TPA Annahl TA. 2018/2019

Kalender Akaedmik Bulan Mei 2018

Arsip

Kategori Artikel