SEKILAS INFO
14-08-2020
  • 2 tahun yang lalu / 02 Mei 2018 Peringatan Isra Mi’Raj 2018
27
Mar 2018
0
Pentingnya Mengajarkan Al Quran Sejak Usia Dini pada Anak

Pendidikan agama bagi seorang anak merupakan hal yang penting karena bekal bagi kehidupan mereka nantinya. Al quran merupakan kitab umat islam dimana kita harus bisa membaca dan mempelajarinya. Pendidikan agama bagi anak misalnya dengan cara mendatangkan guru mengaji al quran.Alasan mengapa harus mengundang guru adalah untuk memberikan carabelajar iqra pada anak jika orang tua belum begitu paham mengenai hal tersebut. Mengenalkan iqra pada anak dapat dimulai sejak anak pada usia lima sampai dengan enam tahun. Anda juga dapat memasukkan anak ke tempat pengajian di masjid dekat rumah anda. jika ingin mendatangkan guru menurut anda lebih baik dilakukan, cobalah untuk mencari guru yang tepat.

Sebaiknya memilih guru mengaji al quranyang memiliki cara mengajar yang unik. Misalnya saja memilih guru ngaji yang menggabungkan unsur kreasi pada saat mengajarkan iqra. Dengan cara membuat berbagai kerajinan tangan yang juga dapat meningkatkan ketertarikan anak untuk belajar agama terutama belajar iqra. Atau juga dapat memilih guru yang memberikan cara belajar iqradengan metode menyanyi. Biasanya dengan metode yang menyenangkan dapat lebih meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat apa yang diajarkan. Mereka juga tidak merasa bosan. Anak usia dini atau sekolah dasar biasanya mengalami tingkat kebosanan yang lebih tinggi. Karena pada dasarnya mereka masih ingin terus bermain.

Dengan mencari metode yang tepat maka dapat membuat anak merasa ingin terus mempelajari agama. Jika anda memiliki dua atau tiga orang anak dengan usia yang berdekatan maka dapat membuat jadwal yang berbeda untuk mendatangkan guru mengaji al quran.Karena kemampuan anak pada setiap umur akan berbeda. Jika disatukan kemungkinan akan menyuhkan bagi anak yang dengan usia paling muda. Metode yang diberikan untuk setiap umur yang berbeda juga harus berbeda. Misalnya untuk anak usia tujuh tahun keatas maka dapat melakukan dengan cara  belajar iqra, tajwid, dan tahsin al quran,agar bacaan al quran mereka dapat benar dan merdu.

Anda jug a sebaiknya melakukan evaluasi pada anak anda misalnya setiap satu minggu sekali. Untuk melihat perkembangan mereka. Jika dirasa anak terlihat senang dalam melakukannya. Maka sebaiknya anda dapat terus memanggil guru mengaji al quranJika anda melihat anak anda kurang tertarik dan perkembangannya tidak cukup bagus. Maka anda dapat mengganti guru yang bersangkutan. Atau juga dapat memberitahu guru yang bersangkutan untuk mengubah metode pembelajarannya. Bisa jadi anak anda merasa bosan atau tidak tertarik dengan metode pembelajarannya. Berikan pengertian kepada mereka bahwa alquran harus dimulai dengan belajar iqra. Berikan juga pemahaman mengenai arti penting al quran bagi kehidupan umat muslim

Jika anda masih ragu dalam memilih guru mengaji al quran maka sebaiknya anda menanyakan informasi terkait guru seperti apa yang sesuai kepada kerabat terdekat anda. Mungkin sebagian dari mereka akan menyarankan anda untuk mencari bimbingan belajar di Best Privat. Di dalam websitenya, anda akan menemui dengan mudah berbagai guru untuk belajar iqra, tajwid, dan tahsin al quran.Mereka memiliki kualitas yang bagus untuk mengajarkan kepada anak kita terkait membaca al quran dengan baik dan benar. Baik dan benar ini terkait dengan panjang pendeknya membaca huruf yang ada di al quran. Para pengajar berasal dari perguruan tinggi yang ternama dengan kualitas yang baik. Metode pengajaran pun sdah disesuakian agar mudah ditangkap oleh murid.
Sumber : https://www.kompasiana.com/bestprivat/

Pengumuman Terbaru

Penerimaan Santri TPA Annahl TA. 2018/2019

Kalender Akaedmik Bulan Mei 2018

Arsip

Kategori Artikel